jump to navigation

Kelilipan dalam politik 1 April 2009

Posted by masjaliteng in asbun.
Tags: , , ,
trackback

kelilipanKelilipan adalah keliliben dalam bahasa Indonesianya menurut temanku jadmoki yang “orang jakarta” merupakan hal yang sering dialami oleh setiap orang. Seperti yang pernah aku tulis sebelumnya disini, kliliben walau sering tidak mematikan tapi cukup mengganggu. Ada sih yang meninggal karena kelilipan, tapi bukan karena kelilipannya melainkan alergi obatnya. Dan dari pengalamanku obat yang paling efektif adalah dengan beristirahat. Lalu bagaimana dengan analogi kliliben dalam politik?

Kliliben dalam politik mirip orang yang sedang dikritik bagiku.  Atau bisa juga ada orang lain yang sedang menghalangi jalan tujuan kita atau tidak setuju dengan pendapat kita. Kritikan memang salah satu tanda perhatian. Namun seseorang mengkritik kadang cuma mencela tanpa memberikan solusi. Hingga seringkali kritikan dari orang lain membuat kita nyaris hilang kesabaran. Demikian juga dengan berbeda pendapat. Ya, seperti kliliben, tidak mengenakkan, ada yang mengganjal walaupun kecil dan membuat kita tidak leluasa bergerak dan beraktivitas.

Dan seperti reaksi kita saat mengalami serta mengatasi kliliben, maka reaksi mengatasi kliliben politikpun bermacam-macam. Seseorang mungkin langsung hilang kesabaran dan marah-marah, bahkan bisa saling baku hantam. Ada juga yang mengambil obat, semacam pembelaan diri apabila kritikan tersebut benar adanya. Atau malahan nggrundel tak karuan sambil misuh-misuh tanpa mencari tahu esensi kritik yang ditujukan kepadanya dan merasa pendapatnya sendiri yang paling benar.

Seperti pada kasus kelilipan yang sebenarnya maka dengan mengistirahatkan pikiran dan tindakan kita sejenak untuk merenung, berintrospeksi maka akan lebih mudah didapatkan jalan keluarnya. Karena setelah berkontemplasi biasanya pikiran akan menjadi terang dan jelas. Kalaupun tetap harus dengan kepala panas tapi hati tetap dingin dan jernih.

Mirip dengan kliliben asli khan?

Iklan

Komentar»

1. udien roy - 1 April 2009

halo mas, salam kenal masjaliteng to? 😆 wah kelilipen, biasa mas orang jaman sak iki, pada geblueng,

masjaliteng - 2 April 2009

salam kenal juga mas udien roy,
sing penting eling lan waspada…
terima kasih kunjungannya mas

2. udien roy - 2 April 2009

sama2, lagi cari tambahan teman nich, kalo mau ikut, kami serombogan blogging, ada Rychan, genikz, fan, dery, ada ryan, rheifania, defsagita, nahrawisagita, dinda ayu, dan lain2 mereka membuat kesepakatan dgn award, untuk 1x seminggu berkunjung,

masjaliteng - 2 April 2009

seneng sih bisa nambah teman, namun untuk online kadang jarang mas, jadi nanti malah dikira nggak konsisten nanti…

3. anak gunung - 2 April 2009

salam kenal boleh juga kita berbagi ilmu

masjaliteng - 2 April 2009

salam kenal juga mas, mari sama-sama belajar…

4. aspirasiputih - 4 April 2009

Mas numpang yah n lam knal dari.
Baca artikelnya seger jg ni. .hehehe

masjaliteng - 4 April 2009

salam kenal juga mas, mencoba untuk belajar menulis…
terima kasih atas kunjungannya.

5. Upik - 4 April 2009

Tapi banyak juga yang ga kapok kena kelilipen mas…. apalagi kalau yang masuk itu berkenaan dengan pangkat, tahta dan wanita.. Wah, pasti banyak mau kelilipan deh..

masjaliteng - 4 April 2009

mbak upik bisa saja,kalau kelilipan yang ta-ta-ta gitu mana tahan ya mbak 🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: