jump to navigation

resep sukses bangun pagi 2 Mei 2009

Posted by masjaliteng in asbun, Unek-unek.
Tags: , , , ,
trackback

matahariBagi yang bisa dan terbiasa, bangun pagi bukanlah hal yang sulit untuk melakukannya. Tapi untuk yang terbiasa malas dan jarang bangun pagi seperti saya, merupakan anugerah yang tiada tara. Terutama bangun pagi untuk melaksanakan solat subuh dan solat fajar tepat pada waktunya. Atau malahan sudah siap sebelum waktunya, idealnya. Resepnya ternyata sederhana.

Resep ini merupakan pengalaman pribadi dan mungkin para sahabat sudah banyak yang tahu, mengerti dan sudah mempraktekkannya atau malah mempertanyakannya. Karena merupakan pengalaman pribadi tentu saja terbuka bagi orang lain untuk berbagi.

Menurut saya resep sukses bangun pagi adalah bertindak langsung bangun pada saat kita mulai terjaga dari tidur saat pertama kali. Dalam istilah Jawa dikenal dengan “mak nyet” atau langsung bertindak tanpa ditunda-tunda. Tanpa jeda sejenak ataupun berpikir, langsung kita bangun dari tidur.

Dari pengalaman saya yang malas bangun pagi, ternyata tiap waktu subuh saya selalu terjaga. Dan setiap kali terjaga,Β  setiap kali pula bermacam alasan menyergap untuk tidak segera bangun dari tidur.Β  Entah masih merasa ngantuk, badan terasa capek, kurang tidur, dan beribu macam alasan lainnya. Pokoknya ada saja alasan yang membuat saya tidak segera bangun dan malahan meneruskan tidur walaupun sudah dibangunkan saat subuh. Padahal malam sebelumnya saya selalu berniat untuk solat subuh pada waktunya.

Dengan “mak nyet” langsung bangun saat kita terjaga untuk pertama kali biasanya kita langsung bisa bangun dengan mudah. Tentunya diiringi dengan keikhlasan dan niat hati yang mantap sehingga bangun pagi dengan nikmat. Jangan sampai kita “mak nyet” bangun paginya tapi dengan nggrundel sehingga sudah terjaga tapi malahan cari tempat lain untuk nerusin tidur.

Ini sekedar berbagi pengalaman, karena kadang masih juga malas bangun pagi apalagi setelah begadang ngeblog πŸ™‚

Semoga bermanfaat bagi para sahabat. Atau ada yang mau nambahin ?

Iklan

Komentar»

1. sawali tuhusetya - 2 Mei 2009

wah, ternyata rsepenya sangat sederhana, ya, masjaliteng, hehehe … cuma “mak nyet”. lha, yang “mak nyet” itu yang kadang2 ndak mudah, kekeke …. itu kata “mak nyet”-nya perlu disuarakan saat bangun ndak, mas?

masjaliteng - 2 Mei 2009

iya Pak, saya masih “jarkoni” nih, tapi sudah mulai ada peningkatan, kalau disuarakan bisa lebih semangat πŸ˜€

2. nahrawisagita - 2 Mei 2009

ternyata, bangun pagi memang tidak mudah. Tak kirain saya saja, ternyata…… πŸ˜‰

masjaliteng - 2 Mei 2009

he..he..he.. ada yang mulai ngaku nih πŸ™‚

3. WANDI thok - 2 Mei 2009

1. Sesok meneh nek bar ngeblog aja turu, langsung mangkat kerjo wae. πŸ™„
2. Nek kebacut turu trus telat kerjo, mengko lapor aku wae πŸ˜€ Bu Markesi agi ndelok kacangmotoku wae wis langsung ngacir kok πŸ˜€
3. Nek resepe sukses bangun malam apa mas Sugiyarto_bni? πŸ™„
4. Nek ngeblog, aja turu, nek turu aja ngeblog. Suksese ngeblog kui nek okeh turune, mak nyos ngebloge bar turu. Koneksine lancar, idene anyar, soale bar nglekar, (karo mantan pac(k)ar, itu resep pintar, habis itu, muka pasti jadi suminar. Bedo nek ora ngono, pikiran dadi ambyar bin buyar binti berputar.

4. WANDI thok - 2 Mei 2009

Tikare digelar,
karo bu Sugiyar,
pasang posisi kuda-kuda berputar,
pasti hingar-bingar,
maknyuuus, jebule malah ngimpi digacar ular πŸ˜€
tangi turu lancar,
maknyos, genti di todong tukang kreditar πŸ™„
Apes…
Sapa kui? πŸ™„ mberuh πŸ˜€

5. WANDI thok - 2 Mei 2009

kuda berputare pasti liar πŸ™„ n nggak sukar to mas giyar? πŸ˜€
Nambahi resepe bangun malam, sing penting nek tedung cedhak karo bu Sugiyar. πŸ˜€

masjaliteng - 2 Mei 2009

Sesuk kalo sudah bisa bangun malam tak sharing pengalaman, sementara baru bisa tidur malam πŸ™‚
aku ndak ada hubungannya sama mas giyar/bu giyar lho…

WANDI thok - 2 Mei 2009

xox ijik wani endho, w lha dalackh

WANDI thok - 2 Mei 2009

emoh, rasah cetang-ceting nak ora gelem ngaku

WANDI thok - 2 Mei 2009

Pokoke kudu ngaku dhisik

6. WANDI thok - 2 Mei 2009

Pokoke dikebaki komenge ben nututi aku πŸ˜€

WANDI thok - 2 Mei 2009

Tak balese dw, yo mantul nyuwun mas πŸ™„

WANDI thok - 2 Mei 2009

Pokoke nganti ngaku

WANDI thok - 2 Mei 2009

siji meneh, nutup

WANDI thok - 2 Mei 2009

wis

7. aspirasiputih - 2 Mei 2009

Jadwal tidur akhir2 ini lg kacau nih, masak aku skrg tidur jam 6 sore trus bangun jam 1 pagi, abis itu ga bisa tidur lg.

masjaliteng - 2 Mei 2009

sibuk ngapain to Mas? kalo memang siklus begitu terus sih nggak pa2, tapi kalo berubah-ubah bisa kacau juga, jaga kesehatan mas!

8. Jajang - 3 Mei 2009

nambahin satu bumbu mas.
Alasan yg KUAT!
Kalo saya sih itu resepnya, kalo kita udah pnya alasan yg kuat kenapa kita harus bangun shubuh. Sebenarnya gak ada cerita males bangun.
Nah… kalo udah punya alasan yg KUAT walaupun kita tidur jam 2 pagi, biasanya scr gak sdr shubuh tuh kita suka terjaga. Nah kalo udah gitu praktekin aja cara “mak yet” tadi.

masjaliteng - 3 Mei 2009

makasih mas sudah berbagi, setahuku kita pasti terjaga saat subuh, tapi kembali lagi pada kita mau bangun nggak dan itu memang butuh alasan yang kuat…

9. udien roy - 3 Mei 2009

saya tiap bangun tidur malam pasti pagi2 dah bangun, masalahnya tidur di langgar πŸ˜€

masjaliteng - 3 Mei 2009

waduh, asyik tuh mas, pasti bisa bangun pagi terus, kalaupun nggak bisa pasti disiram air kan πŸ™‚

10. oyot tana - 3 Mei 2009

ada ada aja artikelnya.. he..he..
kalo aku tidur yang penting BISA BANGUN TIDUR mas.. lebih enak drpd gak bangun2..
buat pak wandi: mempeng banget di sini ya..

masjaliteng - 3 Mei 2009

yah namanya juga saling berbagi mas, moga bermanfaat, kalo cuma bangun tidur sudah biasa, ini yang ruar biasa…

11. nafisa - 3 Mei 2009

sama mas aku juga sering kesiangan ……..welehh .. weleh ….
salam kenal maas……

masjaliteng - 3 Mei 2009

kesiangan, nggak ada yang nyiram air ya? he..he..he…
salam kenal juga, terima kasih sudah berkunjung…

12. Hary4n4 - 4 Mei 2009

Aku udah pernah nyoba cara yg mas ceritakan tadi. Dan memang hasilnya cukup memuaskan. Cuma sekarang kendalanya jam tidurku kebalik. Istilahnya siang jadi malam, malam dipake siang..hehe. Habis, kebiasaan gak bisa tidur malam mas. Paling cepat tidurnya menjelang pagi. Oh ya, salam kenal ya mas. Trims udah mau berbagi di sini. Salam.

masjaliteng - 4 Mei 2009

aku juga sedang belajar “nglakoninya” terus mas, kadang masih blong. ritme tidurnya mirip “batman” kalo gitu mas? salam kenal juga Mas. terima kasih sudah berkunjung.

13. WANDI thok - 4 Mei 2009

Ora wani njawab ki piye? Wedi dolan meneh ki piye? Wedi chatting meneh ki piye? πŸ™„ πŸ˜€

masjaliteng - 4 Mei 2009

siapa tacuuuut, wedi sama mas Wandi, soale kalo lagi nafsu berbahaya πŸ˜€

WANDI thok - 4 Mei 2009

πŸ™„ wis ngene waelah, sing WARAS NGALAH MAS. πŸ˜€

masjaliteng - 4 Mei 2009

wakakakakakak…….. πŸ™‚

14. zefka - 4 Mei 2009

kalo saya mas… jam biologis saya udah terbentuk, krn kerja 12 jam, pake shift2an lagi, apalagi kalo pas masuk malam. Dulu sih rasanya berat banget kalo harus bangun pagi, tp sekarang kayak udah punya weker alami

masjaliteng - 4 Mei 2009

asyik mas kalo gitu, nggak perlu alarm2-an, tapi kalo lagi off tetap terjaga ritmenya ya? bisa dibagi resep jaga staminanya mas…

15. WANDI thok - 4 Mei 2009

Apdite endi mas Sugi? Nek bingung tak keki tema “Tips mandi hemat air”. πŸ˜€ Iki tenanan. Benora dho byar-byur, raeling nek banyu dienteki karo sing kuasa, nembe dho ngrasakne kaya neng kosku kene, nek kemarau ngene sedhela maneh ora ana banyu resik. Dienggo wudhu karo ngombe ana wae wis bersyukur. Nek neng kota ora ngrasakne, apa meneh neng tengah segara πŸ˜€

masjaliteng - 4 Mei 2009

biasanya update pas malem libur mas,tapi panjenengan tetap masih bisa mandi tho Mas? Kalo nggak yo pas mudik mandi sepuasnya trus pulange ke singorojo sambil bawa air yang banyak, idhep2 kulakan πŸ™‚

16. Raffaell - 4 Mei 2009

Iya, saya setuju tuh, bangun kayak yang kaget…… hehehe kaya orang militer, kalo bangun juga begitu kan…

masjaliteng - 4 Mei 2009

nggak tahu kalo di militer, soalnya belum pernah ikut diklat, paling cuma liat di pilem…ato mungkin pernah jadi menwa ya?

17. aspirasiputih - 5 Mei 2009

Kukuruyuuukk…petokk..petokkk..
iseng aja ah ampir lg ah. . .kirain. Kirain aku mas jal ud posting lg πŸ˜€

masjaliteng - 5 Mei 2009

mohon dipersori, ngupdatenya pas malem libur kerja biasanya mas, trims sudah mampir lagi…

18. balisugar - 5 Mei 2009

Senang banget bisa bangun pagi, tapi kalau saya gak mungkin, setiap hari tidur lewat jam 3pagi 😦 di dekat rumahku ada cafe musicnya sampai pagi mengganggu, stress pokoknya

masjaliteng - 5 Mei 2009

ikut prihatin nih mbak, nggak kebayang ramenya tuh cafe, solusinya tidurnya pake earphone ato malah sekalian ke cafe aja :D, tetap semangat mbak…

19. BobEcaEco - 6 Mei 2009

Salam kenal, Mas Jaliteng. Membuka silaturahmi aja di dunia ngebloh nie. Makasih, Mas.

masjaliteng - 7 Mei 2009

salam kenal juga Mas, terima kasih sudah berkunjung. ditunggu kunjungan berikutnya supaya silaturahim tetap terjalin.

20. dinda'kk - 6 Mei 2009

Bila kita telah sampai ke titik ketergantungan yg mutlak pada Sang Ilahi, maka meninggalkan satu saja waktu sholat seolah ada yg terhilang. Maka yg teralami disaat itu adalah karunia yg tertunda meski seolah ‘berhasil’. Pelajaran ini yg saya ‘dapatkan’ setelah menjadi mualaf hingga sekian masa terjalani. Semoga kita senantiasa dalam lindungNYA. amin.

masjaliteng - 7 Mei 2009

sejuk, “mak nyes” rasanya dapat petuah dari panjenengan Mbak, terkadang proses mualaf menjadikan nilai lebih, terima kasih Mbak. Amin atas doanya.

21. dinda'kk - 6 Mei 2009

Dan
supaya ada yg ‘ngingetin’ sholat di ke-lima waktu sholat

di sarankan Mas kunjung ke blog sy,
langsung aja ke artikel Award bertanggal 17April 2009
salah satunya adalah karya sy.
kalau berkenan silahkan dipasang di blog ini.
Jadi setiap melihat merpati putih, maka akan ingat sholat.
di tunggu ya Mas. Salam.

masjaliteng - 7 Mei 2009

saya senantiasa berkunjung ke blog panjenengan mbak, tapi mohon maaf tidak selalu meninggalkan jejak, kehabisan kata2 soale, terima kasih merpati putihnya, insyaAllah nanti tak pelihara πŸ™‚

22. malcum - 6 Mei 2009

jadi itu toh keywod.. eh kuncinya.. “mak nyet” :))
masih ada hubungan family sama “mak nyus” gak ya mas?? huehehe..

btw, tipsnya simple tapi “mak nyet and mak nyus” mas.. patut (baca: wajib) dicoba nih.. huehehe..

suwun mas,

masjaliteng - 7 Mei 2009

jelas ada mas, urutannya :
1. mak nyet, bangun dari tidur;
2. mak nyes, nikmatnya air wudhu;
3. mak nyus, anugrah bisa solat tepat waktu;
sepertinya hari itu sudah dalam genggaman…

23. cupangkolam - 7 Mei 2009

wah…cuocok,mas. Apik sarannya, apalagi ini lagi males-malese. Ok…coba ngko tak praktek “mak nyet” e…

masjaliteng - 7 Mei 2009

Alhamdulillah,kalo bermanfaat Mbak,saya sedang mencoba terus untuk mempraktekkannya secara konsisten,bawaannya males soale πŸ™‚

24. adhi - 8 Mei 2009

wah … saya nambah resep 1 lagi, … pasang alarm yang bunyinya keras, keras banget ya …. syukur2 tetangga ngomel2 saking kerasnya + jangan cuma 1 … dan pasang ditempat yang mengharuskan anda berdiri dan berjalan beberapa langkah untuk mematikannya ….

masjaliteng - 8 Mei 2009

boleh, sangat boleh malah…kalo yang di kos + blm ada batita harus itu :), punyaku kalo masang alarm takut ngganggu si irza kok mas… trims sarannya

25. rismaka - 11 Mei 2009

Tambahan mas, Habis mak nyet kemudian langsung wudlu, dan shalat subuh, insya Allah ikatan2 setan (yang membuat kita ngantuk dan malas) akan terlepas semuanya… πŸ™‚

masjaliteng - 11 Mei 2009

yap setuju mas, sesuai dengan komen saya no 50, kalo sudah terlaksana, hari itu dalam genggaman kita…

26. Tegar - 12 Mei 2009

biar lebih hebat resep bangun paginya :
mak nyet + mak jegagig + mak sruntul
langsung lari2 kecil

masjaliteng - 12 Mei 2009

mak sruntule itu lho mas, kok mirip si irza wae, nanti kalo nabrak2 bagaimana, habis kamare sempit πŸ™‚
sip pokoke…

27. Yayat Sudrajat - 18 Mei 2009

Betul itu mas, mujarab ilmu itu juga saya pake. Apalagi setelah sholat subuh langsung berangkat berolah raga sepeda, langsung seger. trims

masjaliteng - 18 Mei 2009

setuju mas, dulu masih sempat, sekarang sudah jarang, semoga hari2 besok bisa mulai lagi sepedaannya, trims juga mas…

centraltips - 29 Mei 2009

saya juga….

masjaliteng - 30 Mei 2009

juga apanya nih? bisa sukses bangun paginya pasti, terima kasih atas kunjungannya…

28. mas e - 14 Juni 2009

“mak nyet” itu sama halnya dengan kesempatan, konon tidak akan pernah datang kedua kalinya atau terlambat datangnya “mak nyet” lagi

masjaliteng - 15 Juni 2009

setuju, kalau ditunda jadi males dan hilang gairahnya untuk bangun, harus langsung dilaksanakan…

29. Rossy - 5 September 2009

Kalau boleh urun rembug….
Sebenernya intinya adalah kedisiplinan. Untuk umat muslim, kita gak disiplin bangun pagi or sholat shubuh krn kita tdk disiplin sholat dhuhur (misal, sholat dhuhur jam 14.30, dah dkt2 ma ashar), sholat ashar, dst. Kalo kita bisa disiplin di 4 dari sholat 5 waktu aja, insyaAllah akan bisa disiplin bangun pagi tuk sholat shubuh. Jadi, begitu terdengar adzan, atau anda sudah tau itu dah masuk waktunya sholat, segera lakukan, meski anda lagi gak terburu-buru or lg nyantai. Wassalam, salam kenal

30. masjaliteng - 6 September 2009

terima kasih urunan rembugnya mbak…
berarti bener ya mbak kalo disiplin adalah kunci keberhasilan…
salam kenal juga Mbak, trims atas kunjungannya…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: