jump to navigation

Kliliben 16 Maret 2009

Posted by masjaliteng in asbun.
Tags: , , , , ,
trackback

debuKliliben itu berasal dari kosa kata bahasa Jawa setahu saya. Dan untuk terjemahan ke bahasa Indonesia yang pas apa ya? Mata kemasukan sesuatu (apa..?) atau terkontaminasi (lho…), pastilah yang kecil-kecil atau halus-halus gitu. Soalnya kalo kemasukan yang besar semisal jari namanya jadi “keculek”. Kalau yang masuk uang jadi “mata hijau”, kliliben mobil/motor jadinya “mana tahan’ alias meninggal dunia dan  seterusnya. Jadi tetap saja yang paling pas kliliben. Yang pasti kalau kita kliliben pastilah sangat tidak mengenakkan, sakitnya tidak seberapa tetapi sangat mengganggu. Itu kalau yang masuk tidak berbahaya lho.

Kenapa kliliben itupun kadang-kadang tidak ketahuan sebabnya atau tidak pernah terpikirkan. Saat mengendarai motor di jalan tanpa helm seringkali tidak apa-apa. Tapi giliran pakai helm malah kena, soalnya jarang dipakai jadi lumayan banyak debunya. Pas jalan-jalan nggak kenapa-kenapa, malah sudah sampai rumah kliliben karena rumahnya jarang dibersihkan jadi banyak debunya. Paling sering memang kliliben terjadi di rumah, terutama waktu bersih-bersih, kalau pas makan-makan di rumah sih jarang (mau kliliben nasi?). Juga di daerah tertentu yang memang banyak sekali debu ataupun pasir beterbangan sangat dimungkinkan terjadinya kliliben lebih sering.

Lalu bagaimana cara mengatasi kliliben tersebut?

Hal pertama yang harus dilakukan adalah jangan panik. Biasanya secara refleks kita langsung mengucek mata sambil tak lupa bermisuh ria. Paniknya kita tidak membuat kliliben hilang malah kadang membuatnya lebih parah. Lebih baik bagi kita apabila tenang dan berintrospeksi, kenapa kita terkena kliliben dan memikirkan penanganan selanjutnya.

Selanjutnya salah satu caranya adalah dengan obat tetes mata. Dengan meneteskan obat mata ke salah satu atau kedua mata yang kliliben tersebut diharapkan sakitnya tidak menjadi parah. Ataupun yang lebih mudah dan murah meriah dengan memakai air di piring atapun media lainnya yang digunakan untuk “merimbang” sehingga kotoran bisa keluar dengan mudah. Yang pasti jangan sampai mata di ucek atau diusap-usap karena akan mengakibatkan luka atau iritasi yang kemudian dapat memunculkan gangguan kesehatan mata. Jadi kalau kliliben sebaiknya jangan diucek-ucek tetapi langsung dibersihkan dengan air bersih.

Namun ada satu cara yang mungkin jarang atau belum pernah dicoba. Cara ini berdasarkan pengalaman penulis sendiri, jadi bisa ditambah ataupun dibantah. Yang penulis lakukan ketika mengalami kliliben adalah dengan tidur. Ya, tidur sebentar. Tidur dalam artian sebenarnya atau mata dalam keadaan relaksasi. Dari pengalaman penulis saat terjadi kliliben maka cara paling efektif menghilangkannya adalah dengan tidur. Setelah tidur, saat terbangun biasanya di ujung mata telah keluar kotoran bersama airmata. Kita tinggal mengusapnya dengan saputangan atau kain bersih untuk menghilangkannya.  Efektif memang tapi butuh lebih banyak waktu. Tapi lumayan untuk menghilangkan kliliben sekaligus beristirahat.

Terakhir tentu saja berdoa. Bagaimanapun ikhtiar yang kita lakukan hanya Allah SWT lah yang menentukan berhasil tidaknya.

Jadi menurutku secara alamiah mata mempunyai mekanisme pertahanan tersendiri terhadap serangan dari luar. Selain mengeluarkan air mata secara langsung pada saat mata terkena sesuatu, pada kliliben kotoran juga dikeluarkan dengan terlebih dahulu mata diistirahatkan. Gampang kan, bagaimana dengan anda?

Iklan

Komentar»

1. Sawali Tuhusetya - 16 Maret 2009

hehehe … saya sendiri juga belum bisa menemukan kata yang pas utk mengindonesiakan kliliben itu, mas jaliteng. ya udah utk sementara kata itu bisa digunakan kok ketimbang ndak ada kosakata lainnya. wah, trims juga tipsnya nih.

masjaliteng - 16 Maret 2009

Terima kasih atas kunjungannya Pak guru, dapat dukungan lagi. Jadi motivasi buat nulis lagi…

2. jadmoki - 17 Maret 2009

kayaknya udah ada adaptasinya dalam bahasa indonesia, “kelilipan”, cmiiw. soalnya di jakarta orang betawi ngomongnya juga kelilipan…

masjaliteng - 17 Maret 2009

Waduh, orang jakarte kasih komen… Tengkyu informasinya, terus jadmoki kecil ngomongnya yang mana…? 😀

jadmoki - 17 Maret 2009

hehehe… si abim baru bisa ngomong ba ba ba ba…. diajarin ayaaah… tetep aja jawabnya ba ba ba… hehehehe…

masjaliteng - 17 Maret 2009

kalau begitu si abim harus banyak belajar dari si irza tuh….

3. Sirikit Syah - 21 Maret 2009

Aduh!!! kelilipen…. jabang bayi…. (maaf Suroboyoan), cukup menarik sebagai bahan diskusi, “encik-encik dingklik” sudah lama saya cari persamaan kosakata Indonesianya, belum juga saya dapat….., mohon pencerahannya. Matursuwun. 🙂

masjaliteng - 21 Maret 2009

Terima kasih atas kunjungannya Mbak. Kalau “ancik2 dingklik” mungkin sama dengan ungkapan telur di ujung tanduk jadi gampang jatuh gitu… kalo nggak salah 😀

4. rismaka - 29 Maret 2009

Kalau saya biasanya ngiris bawang merah, trus pantengin terus irisan bawang tersebut tanpa kedip beberapa saat. Nah biasanya air mata kan keluar berbarengan dengan kotoran yang masuk mata tersebut.

masjaliteng - 29 Maret 2009

Makasih mas atas tambahan tipsnya, bisa dicoba nih…

5. yayat - 17 Juni 2009

baru sempat sekarang baca artikel ini, betul juga, kadang kita susah mengeluarkannya. Kita nyebut “kelilipan”. Bahasa sundanya malah saya lupa. Jadi kalo susah dikeluarin, ditidurkan dan diolesin bawang merah, ya. Tks

masjaliteng - 19 Juni 2009

yap, mungkin salah satu caranya seperti itu mas, biasanya dengan tidur klilibennya sudah hilang, terima kasih selalu berkunjung…

6. nj criminal attorneys - 24 April 2013

Link exchange is nothing else but it is only placing
the other person’s web site link on your page at proper place and other person will also do same in favor of you.

7. online form generator - 27 Juli 2013

Save All Paperwork: Whatever paperwork arrives with your
parts or which is provided from the seller should be maintained.
You might get one or more benefits of outline
designer along with it is the ideal means to unleash the capacities.
Therefore it’s better to always do the intelligent point and take these tips.

8. online form generator - 7 Agustus 2013

Those that cannot apply for this kind of card or that would
prefer a different solution could consider a prepaid card that comes with
a credit building element as an alternative. You might get one or
more benefits of outline designer along with it is the
ideal means to unleash the capacities. The specific combination of reps, sets,
exercises, and weight depends upon the desires of the body builder.

9. Denice - 4 Februari 2014

Full In-depth The Tao of Badass Evaluation

Every guy in this global wants to day with the most popular lady.

If you are not attract with any sort of girl it is not possible,
it may appear to be extremely small element yet.
If you are aiming for your ‘special’ woman yet do not have
any kind of idea where to approach her then you’re not the only
one. Lots of children would like to hear ‘YES’ from the woman that are enticed however don’t have
any kind of idea where to start. This is where Joshua Pellicer’s The Tao of Badass
beams.
Certainly, there are several items available which declares to help you to score any type of girl you wish but really talking
all these products are just trash. Joshua’s Badass Dating program appears to stand over them all and produced huge
buzz.
In this evaluation, you’re visiting locate entirely thorough knowledge concerning
Joshua dating program which able you to settle your getting decision.

Let’s start …

Who is the writer of Tao of Badass?

Joshua was merely like every various other individual that do not know
exactly how to act when any woman are about. After acquiring full information concerning females, Joshua made
little change in his character and women begin coming a lot closer to him.
Joshua is not the most popular person yet with the ideal attitude and attitude he could draw in nearly any lady.

In his real-time radio show lots of people request for his help that is why he brings to life “”Tao of Badass””.
This dating overview aid all those men that want to come to be
successful in their dating situation.

How Does The Tao of Badass Work?

The most crucial advantage of this dating quick guide is that it
deals with truth. Joshua Pellicer describes ideas and strategies which he profited from his socializing.

Joshua is dating professional and have degree in psychology.

He knows exactly what are high qualities that draw in virtually every women.
When it comes to dating and his pointers is adhered to by lots
of men which he shared openly and within this program, Joshua
Pellicer is really respected person.

Joshua was merely like every other individual that
don’t know how to behave when any woman are about. After getting full information concerning ladies,
Joshua made little modification in his individuality and
women begin coming much closer to him. Joshua is not the best guy however with the best attitude and attitude he could draw
in virtually any kind of female.
Joshua Pellicer is extremely reliable individual when it comes to dating
and his pointers is adhered to by lots of guys which he discussed publicly and within
this program.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: